Kamis, 27 Agustus 2015

essay alasan memilih kesmas dan kontribusi



Essay: Mengapa memilih Jurusan Kesehatan Masyarakat dan Apa Kontribusi yang Akan Diberikan
1.    1.   Mengapa memilih Jurusan Kesehatan Masyarakat???
            Alasan saya memilih jurusan kesehatan masyarakat (public health) atau yang biasa disingkat menjadi kesmas adalah karena saya menyukai hal-hal yang berhubungan dengan dunia kesehatan serta saya senang jika bersosialisasi dengan masyarakat. Kita tahu bahwa kesehatan merupakan hal yang sangat vital bagi kelangsungan hidup manusia. Karena tanpa adanya kesehatan, seseorang yang sekalipun mempunyai kekayaan yang sangat berlimpah tidak akan bisa merasakan apa yang dimilikinya. Karenanya saya ingin menyadarkan masyarakat akan pentingnya kesehatan.
Di era globalisasi ini kesehatan merupakan hal yang sangat diperhatikan di Negara maju. Melalui jurusan kesehatan masyarakat saya ingin menjadi aktivis kesehatan di Indonesia. Dimana saya ingin meningkatkan taraf kesehatan masyarakat di seluruh pelosok Indonesia. Karena sudah menjadi rahasia umum bahwa Negara kita yang termasuk Negara berkembang serta memiliki kepadatan penduduk nomor 4 di dunia ini memiliki tingkat kesejahteraan dalam bidang kesehatan yang belum bisa dikatakan baik. Hal ini disebabkan karena kurangnya kesadaran dan kepedulian masyarakat akan pentingnya kesehatan pada diri mereka masing-masing serta terbatasnya tenaga medis yang mensosialisasikan pentingnya kesehatan di masyarakat. Selain itu, tidak sedikit tenaga medis seperti dokter yang kurang bisa bersosialisasi dengan masyarakat sekitar. Oleh karena itu, sarjana kesehatan masyarakat sangatlah dibutuhkan pemerintah untuk bisa bersosialisasi baik dengan masyarakat dalam ikut serta menanggulangi adanya permasalahan di Indonesia dalam bidang kesehatan.
Tidak seperti tenaga medis atau ahli kesehatan lainnya, seorang sarjana kesehatan masyarakat tidak hanya mengobati seseorang tetapi juga memberikan informasi, penyuluhan dan pengetahuan akan pentingnya menjaga kesehatan dan keselamatan diri sendiri, orang lain maupun masyarakat. Seperti dalam slogan kesmas yakni “prevent, promote and protect” yang artinya mencegah, promosi dan melindungi.
Selain itu, saya memilih jurusan kesehatan masyarakat ini karena adanya dukungan dari orang tua dan guru BK saya. Suatu hadist mengatakan bahwa “Ridlallahu birridlal walidain” yang artinya Ridlanya Allah dikarenakan ridhanya orang tua. Dan ini membuatku semakin mantap dalam memilih jurusan kesmas. (Yeah… semoga Allah selalu memberiku kelancaran dan kemudahan dalam menempuh pendidikan di jurusan kesmas. Aamiin… :)
Dan pekerjaan atau aktivitas apapun yang jika dijalani dengan ikhlas, insyaAllah mendapat pahala. Aamiin.. :)
2.      2. Apa Kontribusi yang Akan Diberikan?
            Kontribusi yang akan saya berikan jika menjadi sarjana kesehatan masyarakat adalah saya akan berusaha mengamalkan ilmu yang telah saya dapatkan di perguruan tinggi ini, baik untuk diri sendiri, orang lain, maupun masyarakat.
            Pada uraian saya sebelumnya, saya ingin menjadi seorang aktivis kesehatan yang bisa meningkatkan taraf kesehatan masyarakat Indonesia dan mengimplementasikan apa yang telah diajarkan kepada saya. Seperti dalam slogan kesmas “prevent, promote and protect” saya akan berupaya melakukan pencegahan adanya suatu penyakit atau wabah yang bisa jadi berbahaya dan menular dengan memberikan pengetahuan, informasi dan penyuluhan, lalu mempromosikan akan pentingnya kesehatan dan keselamatan kepada masyarakat. Jika ini berhasil dilakukan berarti telah tercapai juga tugas yang protect atau perlindungan terhadap masyarakat.
            Nah, intinya saya dan para sarjana kesmas berharap bisa memberikan kontribusi yang nyata terhadap kemajuan Negara kita tercinta terutama dalam bidang kesehatan. Karena seorang sarjana kesehatan masyarakat pastilah dituntut dekat dengan masyarakat. Dengan adanya sosialisasi dan kerja sama yang baik pasti bisa menimbulkan suatu feedback (umpan balik) dari masyarakat. Sehingga bisa meningkatkan tingkat kesejahteraan atau taraf kesehatan bangsa yang merata di seluruh pelosok Indonesia serta bisa mensejajarkannya dengan taraf kesehatan Negara maju.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar