Kamis, 16 Juni 2016

Komersialisasi Pendidikan: Mencerdaskan Kehidupan Bangsa atau Memeras Kehidupan Bangsa

Komersialisasi Pendidikan: "Mencerdaskan Kehidupan Bangsa atau Memeras Kehidupan Bangsa"

Selama ini sering dikemukakan bahwa pendidikan merupakan hak asasi bagi setiap warga negara. Menurut Karl Marx, pendidikan sebagai bagian dari masyarakat karena mempunyai peran penting dalam mengembangkan kualitas Sumber Daya Manusia.
Namun dirasakan atau tidak, komersialisasi pendidikan nampaknya telah menjamur dalam dunia pendidikan di Indonesia.
Adanya komersialisasi pendidikan secara tidak langsung telah menciptakan jurang pemisah antara pihak yang mempunyai modal banyak dengan pihak mempunyai modal sedikit.
Akibatnya akan terjadi diskriminasi pendidikan nasional, dimana pendidikan hanya bisa diakses oleh pihak tertentu yang memiliki modal.

Kita tahu bahwa sebagian masyarakat Indonesia merupakan masyarakat menengah ke bawah. Apabila pendidikan semakin mahal dan dikomersialisasikan, maka kesempatan belajar bagi masyarakat menengah ke bawah terutama di Perguruan tinggi akan semakin terenggut dan niscaya di masa depan masyarakat tidak akan dapat meningkatkan status sosial mereka, rantai kemiskinan semakin mustahil diputuskan melalui pendidikan, dan akhirnya secara perlahan akan membawa kehancuran bangsa.
Padahal di dalam Pembukaan UUD 1945 alinea 4 tercermin salah satu cita-cita nasional yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa. Dan sudah seharusnya baik pemerintah maupun lembaga pendidikan dalam menetapkan setiap kebijakannya merujuk pada ideologi nasional.
Lalu apa kita sebagai mahasiswa yang katanya "agent of changes, agent social of controls, etc." akan tetap diam ketika melihat kedholiman dalam dunia pendidikan terutama di Kampus Soedirman ini!!
Jangan jadikan pendidikan hanya dinikmati orang kaya saja!
Kuy bangkit! Karena apatis berarti secara tidak langsung mendukung adanya kedholiman di kampus tercinta.
Tinggal keberanian kita untuk memilih
"Menjadi apatis atau berpartisipasi dalam ‪#‎SoedirmanMelawan‬
‪#‎TolakKenaikanUKT‬
‪#‎TolakUangPangkal‬
‪#‎TolakKomersialisasiPendidikan‬
‪#‎MahasiswaBersatuTidakBisaDikalahkan‬

Tidak ada komentar:

Posting Komentar